Apa Saja Yang Dijamin Dalam Polis Asuransi Mobil ?

Apa Saja Yang Dijamin Dalam Polis Asuransi Mobil. Ketika membeli produk Asuransi Mobil, umumnya orang hanya mengerti bahwa kendaraannya sudah terjamin sepenuhnya oleh polis asuransi mobil tersebut. Namun jaminan apa saja yang sebenarnya dijamin oleh polis Asuransi Mobil kadang tidak sepenuhnya dipahami oleh pembeli asuransi mobil tersebut. Berikut akan kami informasikan hal-hal yang dijamin tersebut sehingga menjadi jelas.

jaminan-polis-asuransi-mobil

Adapun bila mengacu kepada Polis Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSKBI) hal-hal yang dijamin untuk Asuransi Mobil atau Asuransi Kendaraan Bermotor adalah sebagai berikut :

  • Apabila kendaraan bermotor mengalami kerugian atau kerusakan yang diakibatkan oleh tabrakan atau benturan, terbalik, tergelincir, terperosok.
  • Apabila Anda mengalami kerugian atas kendaraan Anda disebabkan oleh Perbuatan Orang Jahat, misal body kendaraan digores dengan sengaja sehingga mengalami kerusakan.
  • Pencurian, baik atas kendaraan tersebut atau atas sebagian dari kendaraan tersebut, misal audio mobil dicuri (selama audio mobil tersebut dimasukan ke dalam daftar yang termasuk diasuransikan dalam polis asuransi mobilnya).
  • Terjadinya kerugian pada kendaraan diakibatkan oleh kebakaran. Terbakar akibat benda lain disekitarnya, kebakaran akibat sambaran petir, atau bahkan kendaraan tersebut harus dimusnahkan dengan sengaja untuk mencegahnya kebakaran lebih luas. Kerusakan karena air pemadam kebakaran yang sedang menjalankan tugas memadamkan kebakaran juga termasuk hal yang dijamin dalam polis asuransi mobil.
  • Bila kendaraan Anda mengalami kerugian pada saat penyeberangan diatas air, missal kapal ferry. Namun hal ini hanya berlaku bila kendaraan Anda berada diatas alat angkut penyeberangan yang berada di bawah pengawasan Dirjen Perhubungan Darat Republik Indonesia. Jadi bila kendaraan Anda menyeberang dengan menggunakan perahu atau alat angkut penyeberangan liar dan kemudian mengalami kecelakaan hal tersebut tidak dijamin.

Jaminan tersebut diatas adalah jaminan standar pada asuransi mobil atau asuransi kendaraan bermotor Indonesia. Namun bila memang dibutuhkan Anda dapat memperluas polis asuransi mobil Anda dengan jaminan tambahan, tentunya dengan membayar premi atau biaya tambahan juga. Adapun jaminan asuransi mobil tambahan yang dapat Anda minta kepada perusahaan asuransi adalah sebagai berikut :

  • Jaminan Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga, maksudnya adalah pihak asuransi akan mengganti bila terjadi kerugian pada kendaraan atau property pihak lain yang disebabkan oleh kendaraan milik Anda. Misal mobil Anda menabrak mobil lain akibat kesalahan Anda dan pemilik mobil tersebut menuntut ganti rugi, maka Anda dapat mengalihkan tuntutan ganti rugi tersebut kepada pihak Asuransi. Biasanya telah ditentukan terlebih dahulu suatu nilai penggantian maksimal untuk kerugian pihak ketiga ini. Penggantian tersebut tidak terbatas penggantian untuk material tapi juga termasuk biaya pengobatan, santunan kematian dan biaya perkara atau bantuan hukum.
  • Jaminan Bencana Alam, termasuk di dalam jaminan bencana alam ini adalah kerugian pada kendaraan akibat gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, angin topai, badai, hujan es, banjir dan tanah longsor. Jadi bila Anda tinggal didaerah rawan bencana sudah seharusnya menambahkan jaminan bencana alam dalam polis asuransi mobil Anda.
  • Jaminan kerugian akibat huru hara, terorisme dan sabotase. Tambahan jaminan ini juga penting bila Anda tinggal di kota yang penuh keramaian dimana kegiatan kerumunan massa bias terjadi kapan saja dan sekiranya kendaraan Anda terjebak pada situasi tersebut dan mengalami kerugian akibat kerusuhan hal tersebut dijamin oleh pihak asuransi.
  • Jaminan kecelakaan diri bagi pengemudi dan penumpang. Bila Anda tidak mempunyai polis asuransi jiwa, maka mengambil tambahan jaminan kecelakaan diri pada asuransi mobil Anda adalah Jaminan ini memberikan santunan berobat dan meninggal dunia kepada pengemudi dan penumpangnya bila mengalami kecelakaan pada saat menaiki kendaraan yang diasuransikan, untuk santunan berobat biasanya adalah sebesar 10% dari santunan kematian.

Demikian jaminan-jaminan yang ada dalam polis asuransi mobil, semoga informasi ini dapat menjadi informasi yang berguna untuk Anda.