Info Lengkap Perhitungan Besar Biaya Asuransi Mobil

Info Lengkap Perhitungan Besar Biaya Asuransi Mobil. Ada satu hal yang kadang salah dipahami oleh pemegang polis asuransi mobil atau asuransi kendaraan baik itu kendaraan baru, kendaraan bekas, rental ataupun kredit melalui leasing yaitu tentang biaya asuransi mobil ketika terjadi klaim. Banyak pemegang polis beranggapan bahwa kalau mereka mengajukan klaim maka akan dikenakan biaya klaim padahal itu bukanlah biaya namun sebenarnya itu adalah besar risiko yang memang masih ditanggung oleh pemilik kendaraan tersebut. Dalam artikel ini kami akan membahas tentang biaya asuransi mobil berapa besarnya dan cara perhitungannya.

biaya-klaim-asuransi-mobil

Pengertian Biaya Klaim Asuransi Mobil

Biaya asuransi mobil atau dalam polis asuransi disebut dengan nama Risiko Sendiri atau bahasa kerennya Deductible pengertiannya adalah besar risiko yang masih ditanggung oleh pemegang polis asuransi tersebut. Jadi memang dalam pengertian dasarnya Asuransi adalah proses pengalihan risiko dari pemilik mobil kepada pihak lain dalam hal ini perusahaan asuransi, namun dalam asuransi mobil tidak semua risiko tersebut dialihkan masih ada porsi kecil dari risiko tersebut yang ditanggung oleh pemilik kendaraan. Kenapa risiko yang dialihkan kepada pihak asuransi tidak seluruhnya atau 100% ? Jawabnya adalah untuk membuat pemegang polis asuransi mobil berhati-hati dalam membawa dan menjaga kendaraan miliknya, jangan mentang-mentang mobilnya sudah diasuransikan kemudian jadi seenaknya atau ugal-ugalan dalam membawa mobilnya di jalan raya.

Besar Biaya Klaim Asuransi Mobil

Untuk besaran biaya asuransi mobil sendiri ketika mengajukan klaim sudah diatur secara baku oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga besaran Biaya Klaim Asuransi Mobil ini sama di seluruh perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Adapun besarannya adalah sebagai berikut :

  • Besar Biaya Klaim Untuk Jaminan All Risk dan Total Loss Kendaraan Non Bus/Truck :
    • Partial Loss (Kerugian Sebagian) dan Constructive Total Loss (Kerugian Total karena kecelakaan): Rp. 300.000 / kejadian
    • Actual Total Loss (Kerugian Total karena hilang dicuri) : 5% dari Harga Pertanggungan
  • Besar  Biaya Klaim Jaminan All Risk dan Total Loss Kendaraan Bus/Truck :
    • Partial Loss (Kerugian Sebagian) dan Constructive Total Loss (Kerugian Total karena kecelakaan): Rp. 500.000 / kejadian
    • Actual Total Loss (Kerugian Total karena hilang dicuri) : 5% dari Harga Pertanggungan
  • Biaya Klaim Asuransi Mobil akibat kerugian yang disebabkan Bencana Alam (Banjir, Angin Topan, Gempa Bumi, Tsunami) dan diakibatkan Huru Hara Terorisme dan Sabotase : 10% dari nilai klaim yang disetujui, minimum Rp. 500 ribu / kejadian

Cara Perhitungan Biaya Klaim Asuransi Mobil

Untuk dapat diperhatikan bahwa risiko sendiri atau biaya klaim asuransi mobil diterpakan berdasarkan per kejadian. Pengertian per kejadian sendiri adalah setiap kejadian yang terjadi. Misal seperti ini, bila Anda menabrak mobil di depan Anda dan kemudian bagian depan mobil rusak kemudian karena kaget Anda memundurkan kendaraan Anda dan menabrak lagi kendaraan di belakang Anda sehingga bagian belakang kendaraan Anda rusak, maka akan dihitung sebagai 2 (dua) kejadian, walaupun waktu kejadianya dalam waktu hampir bersamaan, dan Anda akan dikenakan biaya klaim asuransi mobil sebesar 600 ribu dengan rincian 300 ribu untuk kejadian kerusakan di bagian depan dan 300 ribu lagi untuk kejadian kerusakan di bagian belakang.

Namun bila Anda misalnya mengalami kecelakaan di jalan raya sehingga mobil yang dikendarai terguling-guling hingga rusak di seluruh sisi mobil, maka itu hanya akan dikenakan satu kejadian saja atau biaya klaim asuransi mobilnya hanya sebesar 300 ribu saja, karena dianggap itu adalah satu kejadian saja.

Untuk ilustrasi perhitungannya biaya asuransi mobil itu sendiri sebagai berikut, misal bengkel mengestimasi biaya perbaikan adalah sebesar Rp. 1 juta, maka asuransi akan membayar ke bengkel sebesar Rp. 700 ribu saja, sedangkan sisanya sebesar Rp. 300 ribu dibayarkan oleh pemegang polis asuransi mobil kepada pihak bengkel ketika mobil telah selesai diperbaiki dan akan keluar dari bengkel.

Demikian sekilas informasi tentang Besar Biaya Klaim Asuransi Mobil , semoga informasi ini dapat berguna untuk Anda. Kami akan mengupdate informasi ini kembali bila terdapat perubahan. Simak juga info kami sebelumnya tentang Asuransi Mobil Untuk Nissan disini.