Panduan Memilih Asuransi Mobil Bekas Terbaik All Risk TLO

Info Asuransi Mobil Bekas Terbaik All Risk dan TLO. Mobil bekas atau used cars adalah mobil dalam kondisi sudah tidak baru, sudah luas dari pihak leasing  atau mobil yang dijual oleh bukan pihak pertama atau pihak pabrikan. Selama ini banyak pemilik mobil bekas beranggapan bahwa mobil yang sudah lunas atau selesai masa kredit tidak dapat diasuransikan, padahal tidak ada aturan yang melarang mobil bekas untuk diasuransikan. Pada artikel ini kami akan menginformasikan segala hal terkait asuransi mobil bekas seperti memilih asuransi mobil bekas terbaik baik all risk ataupun tlo, cara perhitungan tarif rate premi asuransi mobil bekas.

asuransi-mobil-bekas-terbaik

Cara Memilih Asuransi Mobil Bekas Terbaik

Untuk memilih asuransi mobil bekas terbaik sebenarnya tidak ada perbedaannya dengan mobil baru seperti dalam artikel kami sebelumnya tentang cara untuk memilih perusahaan asuransi mobil terbaik. Berikut tips yang dapat Anda perhatikan untuk memilih asuransi mobil bekas terbaik.

  • Tanyakan Batasan Maksimal Usia Kendaraan Yang Dapat Diasuransikan
    Dalam aturan tarif premi yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak ada aturan yang membatasi usia kendaraan yang dapat diasuransikan, namun beberapa perusahaan asuransi mempunyai kebijakan tersendiri untuk maksimal usia kendaraan yang dapat diasuransikan ini, ada yang maksimal hanya sampai dengan usia 20 tahun, ada pula yang hanya sampai maksimal usia 10 tahun.
  • Tanyakan prosedur klaim dan Daftar Bengkel Rekanan di perusahaan asuransi tersebut
    Mengetahui prosedur klaim adalah hal yang penting, karena disinilah kita bisa melihat bagaimana pelayanan terbaik dari suatu perusahaan asuransi. Bila prosedur klaimnya terlalu banyak prosedur dan panjang tentunya akan membuat proses klaim lebih lama sebaiknya Anda hindari. Tanyakan berapa lama survey klaim dilaksanakan setelah pelaporan klaim. Tanyakan juga berapa lama Surat Perintah Kerja atau SPK untuk bengkel dikeluarkan setelah dilakukan survey tersebut.
  • Cari tahu jaringan kantor cabang perusahaan asuransi tersebut di seluruh Indonesia
    Mengetahui seberapa banyak jaringan kantor cabang atau layanan suatu perusahaan asuransi adalah hal yang penting. Sekiranya perusahaan asuransi tersebut hanya membuka kantor cabang di Jakarta saja atau di beberapa kota besar saja di pulau Jawa dan kemudian anda mengalami klaim mobil di wilayah terpencil di pulau Jawa atau bahkan di luar jawa Anda harus tau apa yang perusahaan asuransi tersebut dapat lakukan untuk membantu Anda. Sekiranya jaringan kantor cabang atau layanan perusahaan asuransi tersbeut tersebar di seluruh wilayah Indonesia tentu akan memudahkan Anda.

Asuransi Mobil Bekas All Risk Atau TLO

Apakah akan memilih asuransi mobil bekas all risk atau total loss only (TLO) tentu tergantung kebutuhan Anda. Namun untuk diketahui beberapa perusahaan asuransi mobil memang mempunyai kebijakan untuk usia kendaraan maksimal tertentu hanya diperbolehkan untuk kondisi asuransi TLO saja dengan pertimbangan sulitnya mendapatkan suku cadang untuk kendaraan usia tua. Misal mobil dengan usia 10 atau 15 tahun ketas hanya boleh kondisi TLO saja. Namun kebijakan ini tidak berlaku sama  di seluruh perusahaan asuransi. Untuk Anda yang memang membutuhkan kondisi pertanggungan All Risk, sebaiknya menanyakan terlebih dahulu kepada perusahaan asuransi tersebut terkait kebijakan ini.

Cara Menghitung Tarif Premi Asuransi Mobil Bekas

Dalam aturan tarif premi yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan terdapat aturan khusus yaitu untuk kendaraan dengan usia diatas 5 tahun makan dikenakan loading atau kenaikan premi minimal sebesar 5% dari tarif normal setiap tahunnya. Mudahnya adalah tarif asuransi kendaraan diatas 5 tahun lebih tinggi dari tarif kendaraan 5 tahun kebawah, iluustrasinya seperti ini :

Note : Untuk Panduan Tarif silahkan melihat postingan kami tentang Tarif Asuransi Mobil OJK disini.

Misal Mobil Toyota Avanza tahun 2009 dengan harga Rp. 110juta (perkiraan) dengan platnomor kendaraan Jakarta  akan diasuransikan, maka perhitungan tarif premi asuransi mobilnya adalah sebagai berikut :

  • Plat nomor Jakarta : maka dipakai tarif Wilayah 2 (Jabodetabek, Banten, Jawa Barat)
  • Harga Mobil Rp. 110 juta : maka dipakai tarif kategori harga ke-1 (Rp. 0 s/d Rp. 125 juta) yaitu 3,44%
  • Tahun kendaraan adalah tahun 2009 atau kalau dihitung dengan tahun saat ini yaitu tahun 2015, maka usia kendaraan adalah sudah berusia 6 tahun.
  • Karena sudah berusia 6 tahun maka dikenakan loading 5% dari tarif normal, maka tarifnya menjadi : (3,44 x 5%) + 3,44% = 3,612%
  • Premi Asuransi mobilnya menjadi : Rp. 110 juta x 3,612% = Rp. 3.973.200,- (belum termasuk biaya polis dan materai, kisaran Rp. 30.000 s/d 50.000, tiap perusahaan asuransi berbeda-beda)
  • Kenaikan premi sebesar 5% tersebut berlaku akumulasi sebesar 5% pertahunnya, jadi kalau usia 6 tahun naik 5%, kalau usia 7 tahun naik 10%, usia 8 tahun naik 15% dan seterusnya

Demikian sekilas informasi tentang Asuransi Mobil Bekas , semoga informasi ini dapat berguna untuk Anda. Kami akan mengupdate informasi ini kembali bila terdapat perubahan. Simak juga info kami sebelumnya tentang Asuransi Mobil Di Wilayah Kota Surabaya disini.